Inilah Seluruh Versi Dari Windows 10

Windows 10

Inilah Seluruh Versi Dari Windows 10 !

Windows 10 merupakan sistem operasi yang akan segera dirilis versi finalnya oleh Microsoft pada tahun 2015. Microsoft sendiri belum memberitahu kepada khalayak ramai tanggal pasti dari perilisan versi RTM ( Final ) Windows 10. Saat ini sebagian pengguna Windows bisa mencicipi Windows 10 dalam bentuk Windows 10 Technical Preview yang bisa di download secara gratis di Situs resmi Microsoft.

Kalian yang memiliki Windows 7 dan Windows 8.1 juga jangan khawatir, karena Microsoft sudah merilis pernyataan resmi bahwa akan menggratiskan seluruh upgrade Windows 7 / 8.1 ke Windows 10 ditahun pertama sejak perilisan Windows 10. 
Nah, diantara kalian pasti ada yang penasaran versi apa saja yang terdapat pada Windows 10 ? apakah versinya sama seperti Windows 7 yang memiliki banyak sekali versi atau versi yang sangat sedikit seperti Windows 8 ?
Kabar baiknya Microsoft sudah merilis pernyataan secara resmi tentang keseluruhan versi Windows 10. Tidak semua versi bisa digunakan kepada para pengguna rumahan ( PC Rumah, laptop pribadi, dll ) karena sebagian versi Windows 10 dikhususkan untuk kalangan perusahaan pula ( Enterprise ). Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah list versi dari Windows 10.

Versi Windows 10

  1. Windows 10 Home
  2. Windows 10 Pro
  3. Windows 10 Mobile
  4. Windows 10 Enterprise
  5. Windows 10 Mobile Enterprise
  6. Windows 10 Education
Dari list diatas bisa kita lihat ada 6 buah versi yang akan dirilis untuk Windows 10, untuk keterangan detailnya bisa kalian lihat dibawah ini.

Windows 10 Home

Windows 10 Home adalah versi paling rendah dari Windows 10. Versi ini memiliki seluruh fitur dasar dari Windows 10 dan sangat cocok untuk kalangan pengguna rumahan. Jika kalian membeli laptop yang sudah terinstall Windows 10, biasanya akan langsung mendapatkan Windows 10 Home. Ya kurang lebih sama dengan kalian membeli laptop yang berisi Windows 8.1 Single Language / Core Edition.
Windows 10 Home bisa langsung didapatkan secara gratis sebagai upgrade. Kalian bisa langsung upgrade ke Windows 10 Home apabila memiliki PC / Laptop yang terinstall Windows 7 Home Edition atau Windows 8/8.1 Core / Single Language ( Tanpa ada embel-embel Pro dibelakanganya ). Namun perlu diingat, upgrade tersebut hanya gratis ditahun pertama sejak perilisan Windows 10 seperti yang sudah saya singgung diatas.

Windows 10 Pro

Windows 10 Pro adalah versi tertinggi kedua setelah Windows 10 Home. Windows 10 Pro memiliki seluruh fitur yang terdapat di Windows 10 Home namun juga memiliki fitur tambahan seperti a remote desktop connection, devices dan apps management serta Windows Update for Business service.
Windows 10 Pro sangat cocok untuk kalian yang memiliki usaha kecil-kecilan. Kalau kalian pengguna biasa, saya menyarankan versi Windows 10 Home Edition saja.
Windows 10 Pro bisa langsung didapatkan secara gratis sebagai upgrade. Kalian bisa langsung upgrade ke Windows 10 Pro apabila memiliki PC / Laptop yang terinstall Windows 7 Professional/Ultimate atau Windows 8/8.1 Pro. Namun perlu diingat, upgrade tersebut hanya gratis ditahun pertama sejak perilisan Windows 10 seperti yang sudah saya singgung diatas.

Windows 10 Mobile

Windows 10 Mobile adalah OS untuk perangkat smartphone milik Microsoft. Windows 10 Mobile bisa langsung didapatkan secara gratis sebagai upgrade. Kalian bisa langsung upgrade ke Windows 10 Mobile apabila memiliki Smartphone yang terinstall Windows 8.1. Namun perlu diingat, upgrade tersebut hanya gratis ditahun pertama sejak perilisan Windows 10 seperti yang sudah saya singgung diatas.

Windows 10 Enterprise

Windows 10 Enterprise adalah versi paling tinggi dari Windows 10. Windows 10 Enterprise memiliki seluruh fitur yang ada di Windows 10 Pro dan juga beberapa fitur tambahan lainnya seperti operating system deployment and comprehensive device and app management. Windows 10 Enterprise sangat cocok untuk kalangan perusahaan menengah atau besar. Biasanya Windows 10 Enterprise memiliki perjanjian lisensi Volume License.

Windows 10 Mobile Enterprise

Windows 10 Mobile Enterprise memiliki pengertian yang sama dengan Windows 10 Enterprise diatas, hanya saja versi Windows 10 Mobile Enterprise dikhususkan untuk tablet serta smartphone. 

Windows 10 Education

Windows 10 Education dikhusukan untuk kalangan sekolah atau universitas. Windows 10 Education memiliki fitur yang hampir sama dengan Widnows 10 Enterprise.
Itulah beberapa versi Windows 10 yang akan dirilis oleh Microsoft beberapa bulan lagi. Mudah-mudahan dengan adanya informasi diatas dapat mempermudah pengguna untuk memilih versi yang cocok untuk digunakan dan menghilangkan kebingungan.
Kalau disuruh milih kalian pilih yang mana ? :)

0 Response to "Inilah Seluruh Versi Dari Windows 10"

Post a Comment