Jangan Pernah Download di SourceForge Lagi

Jangan Pernah Download di SourceForge Lagi !

SourceForge adalah ( dahulu ) tempat download software gratis baik berbasis freeware dan open-source. Banyak sekali software serta games berbasis open-source yang bisa ditemukan di SourceForge. Saya sendiri beberapa tahun lalu masih menjadikan Sourceforge sebagai tempat download terpercaya, Bahkan beberapa waktu yang lalu saya sempat membuat list 5 Website Terbaik Untuk Download Software, namun SourceForge sudah menjadi tempat yang tidak ramah untuk download software. 
Salah satu alasan saya untuk tidak mempercayai SourceForge lagi adalah beberapa software yang dihosting di SourceForge sudah di-bundling dengan adware / junkware melalui installer SourceForge. Contohnya adalah saat saya akan mendownload filezilla dari SourceForge. Jika saya tidak hati-hati, maka yang saya download adalah installer junkware dari Sourceforge. Bisa kalian perhatikan pada gambar dibawah ini. Tulisan yang saya beri kotak merah adalah link download software asli dari FileZilla yang tidak dibundling dengan adware/junkware. 
Jangan Pernah Download di SourceForge Lagi !

Sedangkan tombol download berwarna hijau adalah link download palsu. Saya coba untuk mengklik link download palsu tersebut dan baammm ! Antivirus saya langsung memblokir link download tersebut !
Jangan Pernah Download di SourceForge Lagi !
Contoh lainnya adalah berikut ini. Dibawah ini adalah installer FileZilla dari SourceForge yang sudah dibundling dengan Adware.
Jangan Pernah Download di SourceForge Lagi !
Saya sendiri tidak tahu apa yang sebenarnya terjadi dengan SourceForge. Memang, ada beberapa software dari SourceForge tidak dibundling dengan adware/junkware. Namun, software yang tidak dibundling tersebut biasanya software yang masih memiliki update / lanjutan proyek dari developer software tersebut.
Untuk saat ini saya sarankan buat kalian untuk tidak mendownload dari SourceForge lagi. Ada beberapa alternatif tempat download terpercaya seperti Softpedia, Softexia, Majorgeeks dan juga FileHorse. Jadi, jangan pernah download di SourceForge lagi !

0 Response to "Jangan Pernah Download di SourceForge Lagi"

Post a Comment